Apa itu Virtual Reality dan Augmented Reality? Berikut Manfaatnya

Banyak yang menduga jika augmanted reality dan virtual reality itu sama. Walau sebenarnya keduanya sebuah tools yang berlainan, baik dari sisi design sampai perangkat pendukungnya.

Virtual Reality (VR) ialah sebuah tehnologi digital. Sama dengan namanya, ia menghadirkan realita maya di tengah dunia nyata. Nah, realita maya ini bisa dieksplorasi dengan indra. Indra itu misalnyai pendengaran, penglihatan, sentuhan, dan sebagainya. Untuk menikmatinya, diperlukan headset, sarung tangan, sampai treadmill khusus virtual reality. VR sendiri dapat dicicipi untuk program atau games tertentu. Selain games, tehnologi VR bisa digunakan dalam beragam sektor.

Sesudah pahami pemahaman Virtual Reality, mari mengenali pemahaman dari Augmented Reality (AR).

Augmented Reality (AR) sebuah tehnologi yang menyatukan di antara dunia real dan dunia maya. Ini membuat yang memakainya bisa berhubungan secara real time. Contoh dari tehnologi AR ini pernah meledak saat beberapa orang bermain Pokemon Go.

Selanjutnya, apa sih manfaat dari tehnologi ini selain untuk hiburan alias games untuk kehidupan kita? Yuk baca manfaat untuk beberapa bidang usaha, antara lain:

Engineering

membantu tugas bidang industri engineering dimulai dari pemodelan 3D, simulasi proses produksi secara real-time, pemantauan layanan yang menggabungkan tehnologi vr dan ar dengan IoT, sampai dengan pelatihan dalam sektor engineering.

Medical

Sektor kedokteran atau medis memakai tehnologi Augmented Reality untuk membantu mahasiswa kedokteran dalam pelajari anatomi badan manusia lebih dalam dibanding dengan memakai buku teks. Karenanya memakai vr dan ar, anatomi badan manusia bisa diperlihatkan dengan memakai hologram 3D di dalam lingkungan virtual.

Education

Augmented Reality dipakai di dunia pendidikan, loh. Yakni karena ada pemakaian replikasi 3D yang relevan supaya beberapa pelajar bisa pelajari beberapa materi pelajaran yang berada di sekolah. Pelajar dapat berhubungan dengan lingkungan yang imersif, menyentuh dan merekayasa object. Langkah belajar dengan pemakaian tehnologi ini pun dapat terbilang menarik dan menyenangkan hingga beberapa pelajar tidak berasa bosan saat belajar.

Di Indonesia, implementasi Augmented Reality memang masih terbilang jarang, yang mana bila anda mengimplementasikannya pada perusahaan anda pasti jadikan perusahaan anda menonjol dibandingkan pesaing. Tertarik mengaplikasikan tehnologi Augmented Reality pada usaha anda? smarteye.id adalah Perusahaan AR Terbaik dan terpercaya di Indonesia. Nantikan apalagi? Hubungi mereka sekarang !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.