Fungsi dan Manfaat Premi Asuransi

Jika mendengar asuransi maka sebagian orang menganggap sebagai alat perlindungan diri terhadap segala resiko kerugian kondisi keuangan diakibatkan terjadinya suatu musibah yang tak diharapkan.  Pemahaman pentingnya asuransi di Indonesia tidak merata.

Ada sebagian masyarakat yang menganggap asuransi itu tidak penting. Namun mayoritas orang beranggapan asuransi itu penting untuk menjaga diri dari resiko kerugian keuangan. Misalkan kehilangan kendaraan bermotor, musibah kebakaran rumah, kecelakaan mobil dan lain-lain.

Bagaimana Fungsi dan Manfaat Premi Asuransi Secara Lengkap?

1. Manfaat yang besar

Mengingat begitu pentingnya asuransi bagi sebagian orang membuat asuransi menjadi prioritas utama untuk dimiliki. Karena manfaat yang diberikannya sangat besar untuk memenuhi segala kebutuhan dan meminimalisir resiko kerugian finansial.

Salah satu faktor  yang paling besar menjadi bahan pertimbangan orang dalam mengambil asuransi adalah manfaatnya sangat besar yang akan didapatkan ketika  masih hidup maupun ketika sudah meningal dunia. Misalkan asuransi pendidikan untuk menjamin kelangsungan pendidikan anak sampai lulus. Atau asuransi kesehatan untuk menjamin biaya kesehatan dapat terpenuhi secara baik.

2. Kesepakatan bersama

Asuransi merupakan bagian dari layanan yang terdapat pada sebuah lembaga komersial yang bernama perusahaan asuransi.  Pada dasarnya asuransi adalah kesepakatan bersama antara pihak penanggung dan tertanggung untuk bersama-sama memenuhi hak dan kewajiban masing-masing.

Salah satu kewajiban tertanggung adalah membayar premi asuransi. Sedangkan jika dalam kondisi tertentu sesuai kesepakatan maka tertanggung bisa mengajukan klaim asuransi sebagai haknya.

3. Berbeda-beda besaran premi

Salah satu hal yang sering memberatkan seorang nasabah asuransi adalah keharusannya untuk secara rutin membayar premi asuransi.  Hal itu sudah menjadi kesepakatan bersama dan tidak boleh dilanggar sesuai perjanjian tertulis. Dalam perjanjian tertulis atau kontrak asuransi tersebut dicantumkan hak dan kewajiban pihak tertanggung dan penanggung.

Oleh sebab itu, sebelum mengambil asuransi, anda harus memikirkan terlebih dahulu besaran premi asuransi dan pastikan besaran premi asuransi tidak memberatkan keuangan anda.

4. Memperkecil resiko kerugian

Sebagai pihak yang ditanggung maka segala resiko kerugian dari nasabah asuransi ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Misalkan resiko kehilangan, kerusakan maupun resiko kerugian disebabkan oleh peristiwa tak terduga. Kalau dalam istilahnya, asuransi bagaikan sebuah payung yang memproteksi dari segala resiko kejadian yang tak diharapkan terjadi yang berpotensi membuat kerugian keuangan.

5. Istilah yang kompleks

Dalam dunia asuransi dikenal berbagai macam istilah. Seperti polis asuransi, klausul asuransi, biaya pertanggungan, premi asuransi dan lain-lain. Semua itu bisa dipelajari secara lengkap sehingga anda mengetahui apa itu asuransi secara lengkap.

6. Kewajiban pihak tertanggung

Premi asuransi merupakan kewajiban pembayaran sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh pihak tertanggung secara rutin kepada pihak penanggung sebagai perjanjian di awal untuk mendapatkan haknya bagi pihak tertanggung.

Besaran nominal premi asuransi berbeda-beda.  Anda bisa mengambil premi asuransi dari yang paling murah sampai yang paling mahal. Hal tersebut tentu berdasarkan kebutuhan. Berikut ini salah satu faktor yang menentukan besaran premi asurans yaitu besar tingginya resiko  yang mesti ditangung oleh perusahaan asuransi.

Contohnya saja pada asuransi kesehatan, jika seseorang mempunyai penyakit bawaan maka  pihak perusahaan asuransi akan membebankan besaran premi asuransi lebih tinggi ketimbang pada orang tanpa memiliki penyakit bawaan. Berikut ini beberapa kalangan yang umumnya diberikan nominal premi asuransi lebih tinggi dalam asuransi kesehatan yakni penderita obesitas, perokok aktif dan orang menderita sakit bawaan.

Dengan demikian, fungsi dan manfaat premi asuransi sangat besar untuk memberikan rasa tenang terhadap jaminan asuransi yang akan didapatkan serta bisa memperkecil resiko kerugian keuangan. Bahkan sebagian premi asuransi bisa dijadikan sebagai tabungan atau investas bagi masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *