Perantau Wajib Tahu, Ini 5 Tips Aman Mudik Sendiri Naik Kereta Api

Lebaran akan segera tiba dan tahun ini pemerintah telah memperbolehkan para perantau untuk mudik ke kampung halaman. Tentu saja ini menjadi momen yang tepat untuk segera pulang ke rumah dan berkumpul bersama keluarga. Kereta api bisa jadi pilihan transportasi yang tepat dan aman untuk menemani mudik Anda. Jadwal kereta api lebaran 2022 saat ini juga sudah bisa diakses dengan mudah.

Mudik Sendiri Pakai Kereta Api

Bagi Anda yang masih sendiri atau belum menikah dan harus mudik sendiri, penting sekali untuk mempersiapkan perjalanan dengan sebaik mungkin. Salah satu moda transportasi yang bisa dipilih jika Anda mudik sendirian adalah kereta api. Berikut ini adalah 5 tips aman yang bisa diterapkan saat Anda harus menempuh perjalanan mudik sendiri pakai kereta api:

1. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Tips pertama, cobalah untuk memakai pakaian yang nyaman saat harus mudik naik kereta. Perjalanan sendiri menggunakan kereta api akan terasa lebih nyaman jika baju yang dipakai juga nyaman. Pastikan pakaian Anda cukup longgar dan terbuat dari bahan yang menyerap keringat serta nyaman dipakai bergerak.

 

Pilihan baju ini sering dianggap sepele padahal sangat berpengaruh pada kenyamanan Anda saat berada di dalam kereta. Apalagi jika perjalanan yang ditempuh cukup jauh dan menghabiskan waktu berjam-jam lamanya. Jangan lupa siapkan juga jaket atau syal untuk mengantisipasi udara dingin di dalam kereta.

2. Bawa Camilan

Penting sekali untuk membawa bekal makanan saat Anda akan menempuh perjalanan mudik pakai kereta api. Apalagi jika Anda mudik sendiri tanpa teman. Pasti akan terasa bosan jika Anda tak ada teman mengobrol dan harus menempuh perjalanan panjang. Agar tak terlalu membosankan maka Anda bisa menikmati waktu sambil makan camilan.

 

Pilihlah camilan yang paling Anda sukai dan pastikan bahwa camilan tersebut mudah untuk dibawa. Selain camilan atau makanan ringan, tak ada salahnya membawa bekal makanan berat saat naik kereta. Selain jauh lebih aman dan bersih, hal ini juga akan membantu Anda lebih hemat uang.

3. Jangan Membawa Banyak Barang

Bagi pemudik yang harus menikmati perjalanan seorang diri, pastikan untuk tidak membawa terlalu banyak barang. Jika Anda mudik sendiri maka secara otomatis Anda harus benar-benar fokus dan gesit di perjalanan. Akan terasa jauh lebih praktis jika Anda tak membawa banyak barang. Selain itu hal ini juga akan membantu Anda lebih hemat tenaga.

4. Siapkan List Lagu Favorit

Selain mempersiapkan diri dengan melihat jadwal kereta api lebaran 2022, jangan lupa persiapkan juga list lagu favorit untuk dinikmati selama perjalanan. Salah satu cara paling efektif untuk mengatasi rasa bosan selama di perjalanan adalah mendengarkan lagu. Anda bisa menyediakan list lagu-lagu favorit agar bisa didengarkan selama perjalanan.

5. Jaga Jarak dengan Orang Lain

Pastikan untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain di dalam kereta maupun di lingkungan stasiun. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena sesuai dengan protokol kesehatan yaitu menjaga jarak. Meskipun Anda seorang diri, jangan mudah berkomunikasi dengan orang lain. Tetaplah menjaga jarak dan jangan sok akrab hingga mengganggu perjalanan orang lain di dalam kereta.

 

Bagi Anda yang sudah berencana mudik dengan kereta api, jangan lupa cek dulu info KAI lebaran 2022. Informasi ini bisa didapatkan lewat website maupun media sosial. Mudik sendirian sebenarnya tak masalah selama Anda pandai menjaga diri dan tidak mudah terpengaruh orang asing, Yuk pesan tiket lebaran sekarang juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.