Manfaat dibalik Kenikmatan Jamur

Jamur adalah bahan makanan favorit saya. Ada pengalaman lucu ketika suatu saat saya makan disebuah warung makan di jogja. Saya mengira bahwa saya menyantap sate ayam karena rasa dan bentuknya sangat mirip dengan sate ayam. Saya baru mengetahuinya ketika ketikaa pemilik warung memberitahu saya bahwa hidangan tersebut bukan sate ayam tapi sate jamur.

Jamur bisa diolah menjadi aneka masakan yang lezat bahkan tak kalah nikmatnya dengan daging ayam. Beberapa varian hasil olahan jamur diantaranya pepes jamur, sate jamur, cha jamur, keripik jamur, capcay jamur, mie ayam jamur dan masih ada beberapa jenis masakan lainya.

Selain memiliki rasa yang nikmat ternyata jamur juga memiliki khasiat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa jenis jamur dan manfaat yang dihasilkanya:

Jamur Champignon

Jamur yang biasa dikenal sebagai jamur kancing ini paling populer didunia. Jamur champignon menjadi sumber protein nabati dan mampu mengurangi resiko penyumbatan pembuluh darah koroner pada penderita hypertensi dan jantung akibat kolesterol. Jamur ini dapat juga dimanfaatkan sebagai bahan baku kosmetika dan formula penghalus kulit.

Jamur Tiram

Jamur tiram juga sering dikenal dengan sebutan King Oyster Mushroom. Jamur ini juga merupakan sumber nabati yang tidak mengandung kolesterol, serta dapat mencegah timbulnya penyakit hypertensi dan jantung, mengurangi berat badan, mengurangi resiko diabetes, menyembuhkan anemia, anti tumor serta mencegah kekurangan zat besi.

Jamur Merang

Jamur merang adalah spesies jamur pangan yang banyak dibudidayakan di Asia Tenggara dan Asia Timur yang beriklim subtropis atau tropis . Jamur merang banyak mengandung antibiotik yang berguna untuk pencegahan anemia, menurunkan darah tinggi, dan dapat sebagai pencegah penyakit kanker. selain itu juga mengandung zat Eritadenin yang berfungsi sebagai penawar racun.

Jamur Kuping

Karena bentuknya yang mirip telinga inilah orang biasa menyebutnya dengan jamur kuping. Lendir yang dihasilkanya sangat berkhasiat menetralkan racun didalam bahan makanan serta membuat sirkulasi darah ditubuh menjadi lancar, sehingga jantung kita tidak perlu bekerja terlalu keras.

Jamur shiitake

Jamur Shiitake adalah jamur pangan asal Asia Timur yang terkenal di seluruh dunia dengan nama aslinya dalam bahasa Jepang. Jamur ini dapat meredakan influenza juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, leukimia dan reumatik, serta dapat juga mengurangi kolesterol. Manfaat lain Jamur ini juga dipercaya sebagai Afrodisiak (peningkat gairah).

Itulah beberapa jenis jamur dan manfaatnya, bisa di konsumsi untuk Lengkapi Nutrisi Harian. Selain enak nyatanya sangat bermanfaat untuk kesehatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

liputanwarga
24fakta
pintuwarga
studioberita
faktakata
jelajahharian
pinturakyat
pusatberita
infoterupdate
infoterbaru
pucatberita
pusatberitah
24jamterbaru
redaksi sipil
viral62
indoredaksi
pastifakta
62terkini
redaksi62
trending62
martek.id
mac218
mac218
mac218
rtp mac218
slot dana
situs slot777 situs slot777 situs slot777
slot dana
slot pulsa
slot bonus new member
agen138