asuransi kesehatan rawat jalan

4 Tips Cepat Pulih Pasca Operasi, Bantu Sembuh Sempurna

Setelah operasi dokter tentu akan memberi banyak memberi wejangan. Seperti apa saja hal-hal yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan sebagai tips cepat pulih pasca operasi. Selain itu, umumnya dokter akan menyarankan untuk menggunakan asuransi kesehatan rawat jalan demi meringankan beban biaya.

Nah, salah satu rekomendasi asuransi yang bisa Anda pilih adalah FWD Insurance. FWD Insurance sendiri menawarkan perawatan sesuai kebutuhan tanpa perlu khawatir perihal biayanya. Jenis asuransi ini akan mengcover tes diagnostik, rawat inap, hingga pemeriksaan pasca operasi.

Tips Cepat Pulih Pasca Operasi

Berikut beberapa tips cepat pulih setelah operasi yang bisa Anda terapkan!

1. Kurangi Gerak

Banyak dari pasien pasca operasi langsung aktif bergerak dan mulai mencoba melakukan kegiatan sehari-hari seperti biasa. Padahal, cara mempercepat proses pemulihan pasca operasi adalah dengan mengurangi gerak.

Sebab, banyak gerak bisa menyebabkan cedera pada luka dan bisa menimbulkan komplikasi serius seperti infeksi. Bahkan, menurut laman Verywell Health, bersin dan batuk pun harus Anda lakukan dengan hati-hati.

Karena itu, Anda sebaiknya memastikan tubuh mendapatkan istirahat cukup dengan tidur. Berdasarkan Kemenkes, tidur merupakan aktivitas pasif yang penting untuk kesehatan. Ini menjadi proses alami tubuh untuk memperbaiki sel. Jadi, usahakan untuk memenuhi waktu tidur ideal, yakni sekitar 7 jam sehari.

2. Minum Obat Sesuai Anjuran Dokter

Tujuan dokter meresepkan obat adalah untuk membantu proses pemulihan. Jadi, Anda wajib mengikuti perintah dokter dan minum obat sesuai anjuran.

Terlebih, beberapa obat yang dokter resepkan adalah termasuk antibiotik untuk menghindari risiko infeksi dan obat pereda rasa sakit atau nyeri. Rasa nyeri sendiri akan mengganggu nafsu makan dan ini bisa memengaruhi kemajuan pemulihan.

4. Kontrol Rutin

Tips cepat pulih pasca operasi selanjutnya adalah rutin mengontrolkan kondisi dan luka kepada dokter. Sebab, bisa saja ada masalah yang terjadi ketika proses penyembuhan luka pasca operasi.

Jadi, dokter bisa melakukan pemeriksaan lebih detail. Mulai dari melakukan pemeriksaan darah lanjutan, memastikan penyesuaian obat yang dikonsumsi, serta memeriksa apakah ada tanda infeksi atau tidak.

5. Lebih Banyak Konsumsi Air Putih dan Makanan Sehat

Tips cepat pulih terakhir adalah memperbanyak konsumsi air putih. Air putih sendiri bermanfaat untuk mengeluarkan racun melalui urine. Minum setidaknya 8 gelas setiap harinya untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi.

Selain itu, Anda juga wajib mengonsumsi makanan sehat. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan protein untuk mempercepat regenerasi jaringan pada luka. Pastikan juga makanan rendah lemak, contohnya telur, ikan, hingga tahu.

Perawatan Pasca Operasi Maksimal dengan FWD Insurance!

Selain beberapa menjalankan tips cepat pulih pasca operasi di atas, Anda juga perlu memproteksi diri dengan asuransi kesehatan rawat jalan dari FWD Insurance. Sebab, Anda bisa melakukan perawatan pasca operasi dengan layanan bantuan medis darurat yang siap siaga 24/7 jika terjadi kondisi darurat.

Lewat fasilitas medis non tunai, tentu akan sangat mempermudah Anda menikmati layanan asuransi di seluruh rekanan rumah sakit dan klinik FWD. Anda juga tidak perlu memikirkan biaya perawatan yang tinggi, sebab semuanya sudah tertanggung asuransi. Mari daftarkan dan lindungi diri menggunakan FWD Insurance!

 

Sumber:

https://www.alodokter.com/daftar-makanan-yang-dapat-membantu-pemulihan-pascaoperasi

https://promkes.kemkes.go.id/?p=1606

https://hellosehat.com/sehat/operasi/tips-cepat-pulih-setelah-operasi/

https://www.gleneagles.com.sg/id/health-plus/article/post-surgery-recovery

https://www.hansaplast.id/majalah/kesehatan-dan-perlindungan/10-tips-merawat-luka-setelah-operasi-untuk-membantu-proses-penyembuhan

https://dermatix.co.id/scar-stories/severe-scar/6-tips-agar-luka-pasca-operasi-cepat-pulih

https://leafcare.co.uk/home-care-services/8-ways-to-boost-after-surgery-recovery-at-home/

https://www.parkwayeast.com.sg/health-plus/article/post-surgery-recovery

https://www.verywellhealth.com/post-surgery-recovery-tips-and-guide-3156833

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

liputanwarga
24fakta
pintuwarga
studioberita
faktakata
jelajahharian
pinturakyat
pusatberita
infoterupdate
infoterbaru
pucatberita
pusatberitah
24jamterbaru
redaksi sipil
viral62
indoredaksi
pastifakta
62terkini
redaksi62
trending62
martek.id
mac218
mac218
mac218
rtp mac218
slot dana
situs slot777 situs slot777 situs slot777
slot dana
slot pulsa
slot bonus new member
agen138