Tuai Kontroversi, Indosiar akan Ganti Pemeran Zahra dalam Sinetron Suara Hati Istri

Sinetron Suara Hati Istri ( SHI ) belakangan sedang viral karena melibatkan aktris remaja untuk berperan sebagai karakter istri dalam sinetron tersebut. Banyak yang menilai bahwa sinetron yang ditayangkan oleh stasiun televisi swasta Indosiar itu tidak pantas sebab melibatkan seorang aktris berusia 15 tahun untuk berperan sebagai istri. Menyusul hal tersebut, Indosiar akan mengganti sang aktris yakni Lea Chiarachel dengan aktris lainnya yang cukup umur untuk memerankan karakter istri yang bernama Zahra itu.

Diberitakan Kompas.com, Wakil KetuaKomisi Penyiaran Indonesia (KPI) Mulyo Hadi Purnomo mengaku bahwa dirinya telah memanggil pihak Indosiar terkait SHI. Dari pemanggilan tersebut, Mulyo mengungkapkan bahwa Indosiar berjanji akan mengganti Lea dengan aktris lainnya yang usianya lebih cocok untuk memainkan karakter Zahra. "KPI baru saja meminta keterangan dari pihak Indosiar. Pihak Indosiar mengatakan akan mengganti pemeran Zahra untuk tiga episode berikutnya," ucap Mulyo, Rabu (2/6/2021), seperti dikutip dari Kompas.com.

Namun, dia tidak merinci kapan tepatnyaKPI memanggil pihak Indosiar. Mulyopun tidak menjelaskan kenapa pemeran Zahra diganti hanya untuk tiga episode ke depan saja dan apakah penggantian tersebut akan bersifat permanen. Selain itu, KPI berharap agar Indosiar bisa mengganti Lea dengan aktris atau pemeran lainnya yang lebih cocok mulai Kamis (3/6/2021).

"Kami sih berharap akan dilakukan mulai besok (Kamis). Kami pastikan akan segera dilaksanakan (penggantian pemeran)," ucap Mulyo,seperti dikutip dari Kompas.com. Namun, kalau Indosiar tidak kunjung menggantinya sampai Kamis, KPI akan bertindak lebih tegas. "Kami akan merapatkan itu ke dalam rapat pleno dan membuat keputusan lain (jika Indosiar tidak patuh)," tegas Mulyo,seperti dikutip dari Kompas.com.

Sejauh ini, belum ada komentar dari Indosiar. Seperti yang tadi telah disebutkan, SHI ramaidibicarakan banyak orang karena Lea yang jelas jelas masih remaja malah berperan menjadi seorang istri dalam sinetron itu. Tak hanya itu, karakter istri yang diperankannya yaitu Zahra dikisahkan dalam sinetron sebagai istri ketiga dari seorang karakter pria bernama Tirta.

Meski tidak disinggung singgung soal karakter istri pertama dan kedua Tirta(diperankan oleh pesinetron Panji Saputra), namun nyatanya Panji memang jauh lebih tua. Di kehidupan nyata, Panji memang sudah berusia 39 tahun. Walau usia riil Panji dan Lea memang berbeda jauh, namun keduanya justru memainkan peran sebagai sepasang suami istri dalam SHI.

Karakter Zahra malah ceritanya sedang mengandung anak Tirta. Ada pula sejumlah adegan dalam SHI yangmenunjukkan Tirta mencium kening Zahra dan adegan ketika Tirta mendekatkan wajahnya ke perut Zahra yangdikisahkan tengah hamil. Meski suami istri di kehidupan nyata dapat melakukan hal itu, namun ini taksepantasnya dilakukan oleh aktris remaja dengan aktor yang jauh lebih tua.

Duh, semoga sinetron sinetron lain tidak seperti ini, ya.(*) Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.