PORTUGAL vs PRANCIS; Antoine Griezmann Ingin Membalas Kekalahan dari Portugal di Final EURO 2016

Striker Prancis, Antoine Griezmann siap melakukan balas dendam atas kekalahan yang dialami Prancis atas Portugal di final EURO 2016 lalu. Saat itu, Prancis kalah 0 1 dari Portugal oleh gol yang dicetak Eder pada babak tambahan waktu. "Pertandingan yang akan datang adalah laga melawan Portugal ini seperti pertandingan final. Ya, tentu saja," kata Griezmann dikutip situs resmi UEFA.

"Tapi saya pikir kita harus menjalani pertandingan ini sama seperti dua pertandingan sebelumnya. Kami tahu kami harus meraih hasil bagus untuk lolos. Kemenangan akan menjadi hasil terbaik," kata Griezmann. "Kami tahu ini akan menjadi pertandingan berat, tapi kami siap menjalaninya. Kami harus mempersiapkan diri dan melihat taktik bagaimana cara mempersulit mereka buat mereka," katanya. "Stadion akan penuh penonton lagi. Jadi saya senang bisa bermain dengan suasana seperti itu," katanya.

"Pada Piala Eropa 2016 adalah awal saya dikenal penggemar. Tahun 2016 mereka mulai mengenali nama saya. Itu adalah awal saya memulai bersama timnas Prancis. Merupakan sebuah kebanggaan bermain untuk timnas Prancis. Tapi sangat disayangkan kalah di final melawan Portugal," katanya. "Saya pikir kami punya masa istirahat dua atau tiga hari, itu tidak cukup untuk laga final. Kami kelelahan saat itu. Saya punya dua peluang melalui tandukan tapi saya gagal, kekecewaan besar yang kami rasakan. Itu membuat kami menjalani EURO dengan baik, lalu berusaha untuk menjuarai turnamen. Kami akan berusaha sekuat tenaga di lapangan," katanya. Dua tim juara asal Eropa, Portugal dan Prancis akan bertemu dalam pertandingan terakhir fase grup F di Kejuaraan Piala Eropa 2020 di Stadion Puskas Arena (Budapest), Kamis (24/6).

Duel tim yang mempertemukan juara bertahan Piala Eropa dan juara Dunia kali ini merupakan ulangan final EURO 2016. Pada final 2016, Portugal keluar sebagai juara setelah menang 1 0 atas Prancis berkat gol Eder pada menit Ke 109. Menjelang laga penyisihan grup F EURO 2020 ini, Portugal berada di posisi yang lebih terancam. Mereka harus memenangkan pertandingan ini untuk meningkatkan harapan lolos babak 16 Besar.

Portugal di peringkat ketiga dengan 3 poin dari hasil kemenangan 3 0 atas Hungaria. Mereka mengumpulkan jumlah poin yang sama dengan Jerman. Namun Jerman unggul head to head. Jerman adalah tim yang mengalahkan Portugal 4 2 pada laga kedua penyisihan grup F. Sedangkan Prancis berada di peringkat pertama klasemen sementara dengan mengumpulkan empat poin. Dari kemenangan 1 0 atas Jerman dan hasil imbang 1 1 melawan Hungaria.

Prancis hanya butuh hasil seri melawan portugal untuk bisa lolos babak selanjutnya. Pada laga yang sangat menentukan siapa yang berhak lolos babak 16 Besar ini, Jerman akan menghadapi Hungaria sedangkan Portugal melawan Prancis. Pelatih Portugal, Fernando Santos menyaksikan timnya babak belur dilindas tim Panser Jerman. “Kami harus melihat kembali pertandingan (kalah 2 4 atas Jerman) itu dan sekarang yang harus kami lakukan adalah menjernihkan pikiran karena kami memiliki pertandingan yang sangat penting melawan Prancis," kata Santos.

Ronaldo mencetak gol untuk ketiga kalinya dalam dua pertandingan Piala Eropa ini. Menempatkannya sebagai topskorer sementara Piala Eropa 2020. Dia juga telah memecahkan rekor gol di Piala Eropa dengan 12 gol pada penampilannya di Piala Eropa untuk yang kelima kalinya. Tapi kegagalan meraih kemenangan untuk yang kelima kalinya pada laga melawan Jerman membuat Portugal harus bisa menghindari kekalahan melawan juara dunia, Prancis untuk bisa lolos babak sistem gugur. "Tugas selanjutnya adalah tugas yang sangat sulit melawan Prancis," kata gelandang Portugal, Joao Moutinho.

Hasil imbang kemungkinan akan membuat Portugal lolos sebagai salah satu dari empat tim yang menempati peringkat ketiga terbaik, jalan yang sama seperti ketika mereka memenangkan gelar lima tahun lalu di Prancis. Mereka jadi juara Eropa 2016 setelah lolos babak 16 Besar melalui jalur peringkat tiga terbaik. Saat itu mereka lolos dari posisi peringakt tiga terbaik bersama dengan Slowakia, Republik Irlandia, dan Irlandia Utara. Sehingga mau tidak mau, Portugal harus menghindari kekalahan atas Prancis. Sebuah tantangan berat yang dihadapi oleh Cristiano Ronaldo.

Kapten Portugal itu masih terpaut dua gol dari rekor gol timnas sepanjang masa yang dibuat oleh Ali Daei yang mencetak 109 gol untuk Iran. Ada catatan buruk Ronaldo dalam pertemuan melawan Prancis. Dia tidak pernah mencetak gol dalam enam pertandingan sebelumnya melawan Prancis. Sama seperti Portugal, timnas Prancis juga ingin memperbaiki performa timnya dari penampilan tim di laga kedua.

Prancis mendominasi permainan melawan Jerman dalam pertandingan pembuka tetapi hanya menang 1 0 melalui gol bunuh diri, kemudian meraih hasil imbang 1 1 melawan Hungaria. Prancis berharap striker bintang mereka bisa tampil produktif kembali. Tim yang diperkuat Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, dan Karim Benzema itu hanya berhasil mencetak 2 gol dan kebobolan 1 gol dalam dua laga pembuka. Hasil imbang melawan Portugal, yang mengalahkan Prancis di final Euro 2016 sudah cukup bagi tim asuhan Didier Deschamps untuk lolos sebagai juara grup.

Prancis juga bisa lolos ke babak 16 besar sebelum kickoff jika hasil di grup lain menjamin mereka lolos sebagai salah satu tim peringkat ketiga sekalipun mereka kalah atas Portugal. Jelang pertandingan ini, Antoine Griezmann yang meraih sepatu Emas di Euro 2016 tetap merasa santai. "Pertandingan ini seperti final, tetapi saya pikir kami harus memperlakukannya seperti dua pertandingan yang telah kami mainkan. Kami tahu kami harus mendapatkan hasil untuk lolos. Kemenangan akan menjadi yang terbaik. Kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang sulit, tapi saya pikir kami sudah siap," kata Griezmann.

"Kami harus mempersiapkan diri dengan baik dan melihat secara taktis bagaimana kami bisa membuatnya sesulit mungkin bagi mereka. Stadion akan penuh lagi dan saya senang untuk bisa bermain dengan suasana itu," katanya. Dia berkomentar yang dbutuhkan seorang striker adalah mencetak gol pertama. "Apa yang dibutuhkan setiap striker di awal kompetisi adalah mencetak gol pertama itu. Kylian dan Karim memiliki peluang. Ketika salah satu gol masuk, gol gol selanjutnya akan mengalir," katanya. Pelatih Prancis, Didier Deschamps mengomentari Karim Benzema yang belum juga mencetak gol. "Yang paling penting adalah saya memiliki kepercayaan penuh pada [Benzema] dan begitu juga dengan seluruh skuat. Ada kalanya striker tidak mencetak gol. Performa mereka dinilai berdasarkan apakah mereka mencetak gol atau tidak," katanya.

Deschamps memiliki alternatif pemain lain di lini serang dengan adanya Olivier Giroud, pencetak gol terbanyak kedua sepanjang masa di timnas Prancis. Selain itu, ada juga Kingsley Coman dan Wissam Ben Yedder. LiveON RCTI, iNewsTV Hari: Kamis (24/6) Pukul: 02:00 WIB/03:00 WITA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.